Minggu, 15 Maret 2009

KPU KUNINGAN KUMPULKAN ANGGOTA PPK



Untuk memantapkan kesiapan menghadapi Pemilu 2009, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan melakukan rapat kerja teknis (rakernis) bagi anggota dan sekretariat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kuningan. Kegiatan itu diselenggarakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (14-15/3) di Hotel Ayong Linggarjati. Seluruh anggota dan sekretariat PPK se-Kabupaten Kuningan hadir mengikuti rakernis.

Ketua KPU Kuningan, Endun Abdul Haq MPd mengatakan, rakernis sangat strategis dalam menyosialisasikan dan mengevaluasi kesiapan PPK untuk menyukseskan pemilu yang 9 April 2009 mendatang. Bahkan pihaknya juga menginstruksikan agar sosialisasi pemberian tanda contreng dilakukan KPPS hingga hari H sebelum pemungutan suara dilakukan. Hal itu penting dilakukan guna meminimalisasi tingkat kesalahan pemberian suara oleh para pemilih. Semua anggota KPU diberikan kesempatan untuk menyampaikan materi berkaitan dengan divisinya masing-masing. Hamid SH dari Divisi Hukum dan Hubungan Antarlembaga menjelaskan masalah peraturan-peraturan KPU yang harus dipahami oleh semua anggota maupun sekretariat PPK. Hal lain yang perlu diketahui adalah informasi kegiatan rapat umum yang akan dimulai Senin, 16 Maret.

Sementara, Divisi Logistik Drs Ahmad Dedi Mutiadi MPd menginformasikan mengenai kesiapan KPU Kuningan dalam menyiapkan logistik. Disebutkan, semua kotak dan bilik suara sudah diset. Kemudian proses sortir dan pelipatan surat suara untuk DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten juga sudah selesai sejak beberapa hari ke belakang. Saat ini, KPU tinggal penggantian surat suara yang rusak sebanyak 2.982 lembar. Itu sudah termasuk surat suara DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten.

Disamping itu Divisi Sosialisasi, Informasi, dan Pendidikan Pemilih, Hj Heni Susilawati MM memaparkan materi mengenai strategi yang berkaitan dengan sosialisasi yang dapat dilakukan oleh para anggota PPK. Heni juga menginformasikan beberapa kegiatan yang sudah dilakukannya bersama Tim Media Centre KPU Kabupaten Kuningan dalam menyosialisasikan Pemilu Legislatif 2009.

Lebih lanjut dikatakan, Ada potensi suara tidak sah dalam pemilu ini termasuk kecenderungan terjadinya golput. Sebagai penyelenggara pemilu pada berbagai tingkatan potensi suara tidak sah dapat diminimalisasi melalui kegiatan sosialisasi mengenai pemberian tanda contreng. Sementara itu, potensi golput dianggap variabel yang sulit diintervensi oleh penyelenggara pemilu karena berkaitan dengan preferensi pemilih. (rdr)



--==oOo==--


HMI GELAR SAFARI AKAL




Agenda rutin dwimingguan Pengurus Cabang HMI Kabupaten Kuningan adalah Sapari Akal atau santapan pagi hari akademis dan intelektual. Kemarin (15/3) di Masjid Syiarul Islam, Sapari Akal tersebut mengangkat tema tentang pemilihan legislatif dengan pemateri Imin Rochimin MPd.

Ketua Umum HMI Kuningan, Deden Agustira mengatakan, kajian yang berlangsung dua minggu sekali itu bertujuan untuk menumbuhkan daya kritis dan intelektual sebagai cirri akademis. Dengan mengangkat isu-isu terhangat, maka diharapkan jajaran pengurus maupun anggota HMI bisa mendapatkan pencerahan.Pisau intelektual kita sebagai insan akademis harus terus diasah. Salahsatunya melalui kegiatan Sapari Akal. Kegiatan itu bisa diikuti oleh siapa saja. Tidak hanya bagi pengurus dan anggota HMI, melainkan bagi seluruh pelajar dan mahasiswa di Kota Kuda.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Anggota, Dedi Hendriana berkomentar soal suasana menjelang pemilu yang tinggal menghitung hari. Menurutnya, caleg dengan promosi visi misinya yang hampir semua menawarkan yang ideal, tetapi realita proses dalam pencapaian untuk menduduki kursi empuk sudah tidak relevan.

Dikatakan, banyak dana yang harus dikeluarkan untuk pemasangan gambar yang dipasang. Padahal, masyarakat sudah jenuh dengan banyaknya gambar yang semerawut. Dimana letak kesalehan lingkungannya? Lebih baik berbaur dengan mayarakat berbagi program dengan menumbuhkan kesalehan sosial itu akan lebih menancap di hati masyarakat. (RDR)



--==oOo==--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar