Selasa, 31 Maret 2009

GELAR SEMINAR ROBOTIK



Sebagai salahsatu lembaga pendidikan di Kuningan, SMK Karya Nasional (Karnas) terus melakukan berbagai terobosan. Di antaranya dengan menggelar seminar dan workshop secara kontinyu. Bahkan dalam waktu dekat, sekolah kejuruan tersebut akan membuka program Diploma 1 Entrepreneur atau kewirausahaan.

Untuk mewujudkan hal itu, baru saja digelar adalah seminar robotic, akhir pecan kemarin atau tepatnya Sabtu (28/3). Dengan bekerjasama dengan ITB, seminar bertajuk One Day Workshop “Robotic It’s Easy and Fun” mendapat sambutan antusias dari kalangan siswa dan guru. Terutama siswa SMP/MTs di Kuningan. Terbukti, jumlah peserta seminar tersebut mencapai 200 orang.

Menurut Kepala SMK Karnas Ir H Yepri Esa Trijaka M MPd kepada kuningannews, seminar ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi para siswa/I SMP/MTs, khususnya teknologi robot. Animo siswa ternyata cukup tinggi. Itu bisa dilihat dari banyaknya peserta.

Selain menggelar seminar baik menyangkut iptek maupun kewirausahaan, tidak lama lagi SMK Karnas bakal membuka program D1 Entrepreneur. Rencananya, program tersebut akan dibuka mulai bulan Juli tahun ini. Sama dengan seminar robotik, D1 Entrepreneur juga merupakan hasil kerjasama Karnas dengan Ikatan Alumni ITB dengan nama Ganesha Karya Nasional (Gannas) Entrepreneur Institute.

Pembukaan D1 tersebut, sebagai sebuah bentuk kepedulian anak bangsa yang sangat prihatin dengan meningkatnya angka pengangguran. Terutama di kalangan tenaga kerja intelektual terdidik. Dari tahun ketahun angka pengangguran terdidik semakin meningkat. Kondisi seperti itu sangat memprihatinkan. Untuk itu dengan membuka program D1 ini dengan harapan dapat memberi alternatif dalam mengurangi pengangguran.

Dalam pola pengajaran nanti, prosentase praktik lebih besar yakni 70 persen. Mahasiswa dididik untuk terjun langsung berwirausaha seraya studi banding ke berbagai perusahaan yang terbilang maju. Dengan bimbingan mentor yang seluruhnya praktisi, target lulus D1 nanti, mahasiswa sudah harus bisa membuka usaha sendiri.(rdr)

--==oOo==--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar