Senin, 16 Februari 2009

PAK AANG GEMAR SEPEDA

Sepeda, merupakan salah satu sarana untuk berolahraga. Apalagi kegiatan tersebut dilakukan secara rutin. Seperti halnya Bupati Kuningan H. Aang Hamid Suganda, setiap hari minggu selalu melakaukan kegiatan sepeda santai, bersama Kapolres, Dandim, para Kepala Dinas, para Kepala Bagian dan Ikatan Sepeda Santai Kuningan ( ISSK ) .

Bagi Bupati Kuningan ternyata kegiatan tersebut, bukan sekedar hoby atau olah raga semata, namun lebih dari itu punya tujuan lain. dalam kegiatan sepeda santai tersebut selalu dibarengi dengan kegiatan menanam pohon. Jenis pohon yang ditanam disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat setempat. Seperti Kecamatan Cibeureum sebagai sentra produksi tape ketan yang banyak membutuhkan daun jambu untuk bahan pembungkus tape, pohon yang ditanm adalah jambu air dengan tujuan agar para pengusaha tape ketan kedepan tidak usah mendatangkan daun jambu dari Kabupaten lain dengan harga Rp. 10/lembar.

Sebagai Kabupaten Konservasi tentunya kebiasaan dan kegemaran menanam sudah saatnya untuk dijadikan budaya semua kalangan masyarakat Kabupaten Kuningan seperti halnya gotong royong yang telah mengakar di masyarakat. Untuk itu, bupati Kuningan bersama rengrengan lainya sudah mengawali gemar menanam berbagai jenis pohon, dengan harapan masyarakat dapat meniru kegiatan tersebut.

Kegiatan Bupati Kuningan H. Aang Hamid suganda bersama pejabat lainnya, yang berhasil diliput yakni pada hari Minggu tanggal 15 Februari 2009. Kegiatan sepeda santai ini dilakukan dengan finish di situ cihaur desa Ciawigebang. Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon jati lokal 150 batang, Jati gamelina 25 batang, pohon sukun 5 Batang dan Akasia Manum 20 batang. Semuanya berjumlah 200 batng yang ditanam di seputar pinggir situ tersebut.

Penanaman pohon-pohon tersebut tentunya bukan tanpa tujuan, banyak manfaat yang kelak bisa dirasakan oleh masyarakat sekitar. Misalnya untuk antisipasi tanah lonsor dan melestarikan smber mata air di sekitar bendungan, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mengedepankan aspek ekonomi dan lingkungan menuju Kabupaten yang berkonservasi hutan yang hijau dan rindang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar