Jumat, 13 Februari 2009

POLRES KUNINGAN SIAP SUKSESKAN PEMILU

Pesta demokrasi pemilu 2009 adalah hajat seluRuh bangsa Indonesia, dimana hari Kamis tanggal 9 April 2009 akan menjadi moment bersejarah sebagai hari awal yang akan menentukan nasib bangsa Indonesia ke depan. Deretan Partai Politik besar dan kecil yang mengakomodir keanekaragaman ideologi, memperkaya khasanah Kebinekaan Bangsa Indonesia yang berpenduduk bersuku-suku dengan latar belakang perbedaan ras dan bahkan agama. Bukan tak mungkin hal ini akan berpotensi terganggunya kondusifitas pasca pemilu 2009 yang bermuara pada rusaknya stabilitas Nasional.

Peranan sistem pengamanan tentu tidaklah kecil, berbagai institusi yang berkompeten dituntut kerja keras dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi, baik sebelum dan sesudah ataupun pada saat pelaksanaan pemilu 2009. Tak terkecuali di Kabupaten Kuningan mungkin tidak jauh beda,kondisi seperti ini bisa saja terjadi sehingga upaya antisipasi perlu dilakukan sejak dini. Peran polisi dan aparat keamanan lainya akan menjadi garda terdepan dalam upaya menciptakan situasi aman terkendali Pasca pemilu 2009.

Untuk suksesnya Pemilu 2009 di Kabupaten Kuningan Polres Kuningan selama empat hari berturut-turut menyelenggarakan latihan pra Ops Mantap Brata baik secara teori maupun praktek langsung dilapangan berupa simulasi. Puncak pelatihan dipusatkan dilapangan pandapa paramarta komplek stadion pada hari Kamis 12 Februari 2009 dengan melibatkan anggota kepolisian dan sejumlah masyarakat. Dalam simulasi tersebut diperagakan cara menanggulangi kerusuhan pada Pemilu 2009 terutama pada hari pemungutan suara.

Berbagai bentuk pelanggaran oleh Parpol dan beberapa jenis Insiden diperagakan dalam simulasi tersebut, termasuk olah TKP pada petugas yang cidera akibat amukan masa. acara yang disaksikan Kapolres AKBP Nurullah SH beserta jajaran pejabat Kepolisian lainnya,berjalan lancar dan para peserta simulasi sangat antusias sehingga simulasi tersebut terlihat seperti kejadian yang sesungguhnya.

Kapolres Kuningan AKBP Nurullah SH ketika di wawancarai mengatakan, sebanyak dua pertiga kekuatan dibantu oleh Brimob dan Kodim akan dikerahkan di lima daerah pemilihan, pihaknya menyatakan siap sukseskan pemilu 2009 di Kabupaten Kuningan, dengan harapan peran masyarakat melalui Linmas ikut berpatisipasi untuk menciptakan situasi aman terkendali pasca pelaksannaann Pemilu. Selain itu Kapolres menghimbau agar masyarakat mampu menjadi Polisi bagi dirinya sendiri, karena ratio perbandingan jumlah polisi dengan banyaknya penduduk Kabupaten Kuningan sangat tidak seimbang

--==oOo==--



Tidak ada komentar:

Posting Komentar